Jumat, 08 Maret 2013


Banyak cara untuk meningkatkan performa dari komputer. Performa dari komputer bisa dipengaruhi oleh hardware maupun software. Berikut cara meningkatkan performa komputer dalam menyimpan data. Dalam hal ini bukan mengenai menambah kapasitas harddisk untuk menyimpan data, tetapi menggunakan fitur Disk Write Caching yang secara default telah disediakan oleh Windows.

Disk Write Caching sendiri adalah fasilitas yang memberikan operasi tambahan ke dalam sistem agar mengaktifkan fitur cache ketika data dibuat. Sistem akan membuat cache ketika file akan disimpan di disk, setelah file telah benar-benar dibuat oleh sistem maka kemudian file tersebut akan dituliskan ke dalam disk, dan sistem akan memberikan informasi bahwa cache telah aman untuk dihapus. Melalui operasi semacam ini, hard disk tidak harus selalu bekerja untuk menyimpan setiap file sehingga performa hard disk selalu optimal.
Berikut adalah cara untuk mengaktifkan Disk Write Caching:

Cara Pertama
- Buka Windows Explorer, klik kanan pada salah satu partisi harddisk, lalu pilih Properties.
- Pilih tab Hardware, dan pilih Properties.

- Pilih menu Policies, dan centang pilihan Enable disk caching on this device lalu Ok.




Cara Kedua:
- Pilih Start, lalu pada Run ketikan Device Manager.
- Pilih Disk Drive, klik kanan lalu Properties.

-Pilih menu Policies, dan centang pilihan Enable disk caching on this device lalu Ok.

Cara tersebut sangat mudah untuk dipraktekan, apalagi jika performa komputer sudah melambat karena harddisk. Kamu juga bisa menggunakan Ccleaner, untuk menghapus cache yang berasal dari hasil browsing yang juga memakan cukup banyak storage jika kamu tidak pernah membersihkannya.

0 komentar:

Posting Komentar