Sabtu, 23 Februari 2013


Salah satu proses yang bisa mempengaruhi kecepatan browsing di internet adalah Domain Name Server yang Anda gunakan. Domain Name Server atau DNS membantu browser untuk mengenali IP dari alamat domain website. Perlu diketahui proses internet menggunakan aturan TCP/IP, dimana komputer yang terhubung diinternet dikenali berdasarkan alamat IPnya. Jadi ketika kita ingin membuka website, contoh www.detik.com, maka komputer anda akan menghubungi DNS untuk mendapatkan alamat IP dari www.detik.com.
Jadi semakin cepat DNS anda mengirimkan alamat IPnya, maka semakin cepat anda bisa mengakses website tersebut. Namun sayangnya tidak semua DNS memiliki algoritma dan optimasi yang baik, termasuk sistem cache yang baik. Seringkali provider internet di Indonesia tidak bisa mendapatkan alamat IP dari website di luar negeri.
Untuk itu trik yang sangat sering digunakan adalah menggunakan DNS server yang reliable dan cepat, seperti Open DNS, atau Google Public DNS. Disini saya akan menjelaskan tentang Open DNS, untuk Google Public DNS prinsipnya hampir sama dengan Open DNS.
Memang tidak semua provider internet mengijinkan Anda mengganti setting DNS di komputer Anda. Jika memungkinkan maka akan sangat bagus sekali jika bisa menggunakan Open DNS sebagai DNS server yang dituju. Terutama jika Anda sering kedapatan tidak bisa membuka beberapa situs. Ini mungkin disebabkan oleh penerjemahan alamat domain ke IP kurang bagus.
Setting Open DNS di windows 7
Buka Control Panel > Network and Internet > View network status and tasks > Kemudian pilih koneksi Anda yang sedang aktif.
setting-open-dns-1
Kemudian pilih Properties > pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > click Properties > Masukkan alamat IP Open DNS di bagian Preferred DNS Server : 208.67.222.222 dan Alternate DNS Server : 208.67.220.220 > Kemudian tekan OK > tekan OK
Ada baiknya Anda me-restart koneksi internet Anda untuk memperbaharui settingnya. Kemudian silahkan melakukan browsing seperti biasa, Anda akan menemukan website yang dahulunya tidak bisa diakses menjadi bisa diakses.
Jadi setting open DNS, intinya adalah mengganti di bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dari koneksi internet yang aktif. Jika Anda menggunakan modem, maka biasanya settingnya Ada di software bawaan modem. Selamat mencoba!
Untuk  Google Public DNS tinggal menggunakan IP berikut : 8.8.8.8 dan 8.8.4.4, cara setting DNSnya sama dengan Open DNS.
Sumber :
http://www.jualdvdku.com/artikel-gratis/internet/trik-mempercepat-browsing-internet-dengan-opendns/

0 komentar:

Posting Komentar